Sabun Indonesia Laku Keras di Afrika

Kompas.com - 04/06/2010, 13:28 WIB
EditorJimmy Hitipeuw

JAKARTA, KOMPAS.com — Sabun dan produk pembersih dari Indonesia sangat diminati masyarakat di negara-negara Afrika. "Ternyata sabun kita digemari di Afrika. Pangsa pasar ekspor sabun kita ke Etiopia sudah 36,1 persen," kata Wakil Menteri Perdagangan Mahendra Siregar di Jakarta, Jumat (4/6/2010).

Selain Etiopia, negara Afrika lainnya yang berpeluang besar untuk dikembangkan lagi pasarnya adalah Tanzania, Mozambik, dan Senegal. "Mungkin ada daya tarik khusus dan ini perlu didorong," ujarnya.

Berdasarkan data UNCOMTRADE tahun 2009, pangsa pasar ekspor sabun Indonesia di ketiga negara itu masing-masing sebesar 5,5 persen, 8,2 persen, dan 9,6 persen. Berdasarkan data BPS, ekspor sabun dan produk pembersih lainnya selama Januari-April 2010 mencapai nilai 212,46 juta dollar AS.

Nilai itu mengalami peningkatan 21,52 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.   Selain dengan negara-negara Afrika, sabun dan produk pembersih Indonesia pangsa pasarnya cukup besar di Malaysia, yaitu sebesar 16,8 persen.

Tujuan ekspor sabun dan produk pembersih Indonesia pada 2009 semakin luas, yaitu ke 180 negara, sedangkan pada 2005 ekspornya ditujukan ke 175 negara saja.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X