Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adidas Sukses Batalkan Merek Adidia

Kompas.com - 14/06/2010, 16:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Tak sia-sia langkah hukum yang diajukan raksasa produsen sepatu dan pakaian olah raga asal Jerman, Adidas Ag, untuk membatalkan pendaftaran merek Adidia milik pengusaha asal Korea, Kim Sung Soo. Pasalnya, Pengadilan Niaga Jakarta Pusat memutuskan untuk mengabulkan gugatan seluruhnya perusahaan yang didirikan oleh Adolf (Adi) Dassler tersebut.

"Menyatakan mengabulkan gugatan seluruhnya," kata Hakim Ketua Sugeng Riyono saat membacakan putusannya, Senin (14/6/2010).

Dalam pertimbangannya, majelis hakim berpendapat bahwa merek Adidas terbukti sebagai merek terkenal. Itu ditunjukkan dari kegiatan promosi yang telah dilakukan oleh Adidas Ag. Di samping itu, antara merek Adidas dan Adidia memiliki persamaan pada pokoknya, itu dapat dilihat dari persamaan pengucapan dan secara visualnya.

Dengan adanya persamaan pada pokoknya merek Adidia dengan merek Adidas, jelas dinilai dapat menyesatkan konsumen karena konsumen mengira akan mengira bahwa produk Adidia sama dengan produk Adidas. "Sehingga terbukti beriktikad tidak baik dalam mendaftarkan mereknya Adidia sesuai dengan ketentuan UU No 15/2001 tentang Merek," katanya. (Kontan/Yudho Winarto)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com