Wapres: Pengeluaran Uang Baru Tepat!

Kompas.com - 20/07/2010, 16:43 WIB
EditorMarcus Suprihadi

BANDUNG, KOMPAS.com- Wakil Presiden Boediono menilai tepat pengeluaran uang logam pecahan baru Rp 1.000 yang bergambar angklung dengan latar belakang Gedung Sate, menjelang Puasa dan Hari Raya Idul Fitri mendatang. Anak-anak akan senang di saat Idul Fitri mendatang.

Hal itu disampaikan Wapres Boediono saat meresmikan pengeluaran pecahan uang logam Rp 1.000 tahun emisi 2010 dan pecahan uang kertas Rp 10.000 tahun emisi 2005 di Bale Pasundan, Kantor Bank Indonesia di Bandung, Jawa Barat, Selasa (20/7/2010) siang ini.

Dalam acara itu, hadir Pejabat Sementara Gubernur BI Darmin Nasution dan jajaran Dewan Gubernur Indonesia serta dua gubernur yang ikon daerahnya digunakan sebagai replika uang logam dan uang kertas, yaitu Gubernur Jawa Barat Achmad Heryawan dan Gubernur Sumatera Selatan.

Replika itu adalah angklung dengan latar belakang Gedung Sate serta Sultan Mahmud Badaruddin II dan Rumah Limas asal Palembang, Sumsel.

"Pengeluaran uang logam pecahan baru itu saya kira tepat waktu menjelang kebutuhan yang diperlukan pada Puasa dan Idul Fitri," ujar Wapres.

Menurut Wapres, anak-anak pada Idul Fitrik mendatang pasti akan senang mendapatkan uang pecahan baru, terutama Rp 1000 dan Rp 10.000 itu. Adapun, menurut Darmin Nasution, pengedaran uang logam maupun uang kertas pecahan dinilai cukup untuk memenuhi kebutuhan dan melengkapi uang yang beredar, apalagi menjelang hari besar yang akan datang.

"Dengan menjelang hari besar, pasti pasti akan mendorong naiknya transaksi keuangan sehingga menambah semakin tingginya uang beredar," tandas Darmin, yang mengaku sudah mengirim uang baru tersebut ke Kantor Bank Indonesia di seluruh Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.