Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepanjang Ramadhan, Kemendag Gelar Pasar Murah

Kompas.com - 21/07/2010, 14:54 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Untuk mengantisipasi lonjakan harga dan kelangkaan komoditi kebutuhan pokok jelang bulan Ramadhan, Kementrian Perdagangan (Kemendag) berencana menggelar pasar murah dan operasi pasar.

Menurut Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Departemen Perdagangan, Soebagyo operasi pasar hanya akan difokuskan pada komoditi beras. "Operasi pasar hanya berlaku untuk beras, itu pun kalau terjadi kenaikan di atas 10 persen". "Tapi kita lebih memilih pasar murah untuk mengontrol harga kebutuhan pokok," ujarnya usai sidak di pasar Sederhana, Jalan Jurang Nomor 1 Bandung, Jawa Barat, Rabu (21/7/2010).

Ia juga mengatakan, dalam pasar murah nantinya harga kebutuhan bahan pokok akan lebih murah karena tidak ditambahi dengan biaya transportasi. Namun demikian, ia masih belum mengetahui jadwal pastinya. "Jadwalnya belum pasti. "Minimal dua kali, antara sebelum puasa, puasa, dan Lebaran," ujarnya.

Untuk menentukan jadwal dan lokasi operasi pasar, ia mengaku akan bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat. "Berdasarkan arahan Menteri adalah di daerah yang penghasilan masyarakatnya rendah," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com