Pertamina Bantah Produknya Bikin Masalah

Kompas.com - 21/07/2010, 16:32 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

JAKARTA, KOMPAS.com — Pihak Pertamina menampik kerusakan fuel pump atau pompa bahan bakar atas 1.200 taksi Blue Bird terkait dengan kualitas bahan bakar minyak jenis premium yang dijual di SPBU.

Menurut Pertamina, kualitas bahan bakar minyak (BBM) premium yang dijual di pasar tergolong baik dan tak ada perbedaan kualitas antara BBM untuk taksi dan BBM untuk mobil-mobil pribadi. "Kalau mobil di DKI jumlahnya berapa juta. Nah, sekarang yang rusak berapa?" tanya Humas Pertamina Basuki Trikora Putra secara retoris kepada Kompas.com, Rabu (21/7/2010).

Seperti yang diberitakan sebelumnya, ada 1.200 taksi dari 17 pul yang tersebar di Jabodetabek mengalami kerusakan pompa bahan bakar. Kabar tersebut disampaikan Humas PT Blue Bird, Teguh Wijayanto, kepada Kompas.com, Rabu ini.

Terkait dugaan itu, Basuki mengatakan, persoalan pompa bahan bakar tak bisa serta-merta dikaitkan dengan bahan bakar. Pasalnya, kerusakan tersebut juga sangat dipengaruhi oleh faktor teknis pompa bahan bakar itu sendiri.

Menurutnya, kerusakan bisa terkait dengan ketentuan mobil, apakah memang direkomendasikan dengan bahan bakar beroktan 88 atau tidak. Kerusakan juga bisa terkait dengan masa pakai pompa bahan bakar.

Selain itu, ia juga meminta agar kondisi pompa bahan bakar milik kendaraan-kendaraan Blue Bird diperjelas. "Intinya, kalau Anda bicara pompa bahan bakar itu jangan langsung ke BBM-nya dulu, tapi seperti apa analisis teknisnya. Lagi pula, yang paling tahu kan pemilik mobil dan pembuat mobilnya," tambah Basuki.

Oleh karena itu, Basuki mengatakan bahwa ada baiknya pihak Blue Bird melakukan konfirmasi terlebih dahulu dengan pihak produsen mobil taksi masing-masing.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.