Cina Jadi Primadona Ekspansi Bisnis UKM

Kompas.com - 26/07/2010, 14:23 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

JAKARTA, KOMPAS.com -  Cina merupakan negara tujuan yang paling disuka mayoritas sektor usaha kecil menengah (UKM). Hal ini terungkap dalam hasil survei yang dilaksanakan HSBC terhadap 300-an UKM Indonesia, terkait dengan rencana perdagangan internasional dua tahun ke depan.

Selain Cina, negara-negara Asia Tenggara juga menjadi primadona. Head of Business Banking HSBC Indonesia Jeffrey C Tjoeng mengatakan sekitar 46 persen responden dari total 300 UKM yang menjadi responden menyukai Cina, sedangkan 43 persen di antaranya juga menyukai negara-negara Asia Tenggara. "Potensi Cina dan negara-negara Asia Tenggara lainnya besar," tutur Jeffrey di Penang Bistro Resto, Senin (26/7/2010).

Menurutnya, pascakrisis, tumbuh istilah emerging market economic yang dimulai dari Cina dan India. Jeffrey mengatakan dalam konteksi ini, perdagangan internasional antara negara emerging market sudah lebih fokus kepada sesama negara yang tergolong emerging market. "Pasalnya, saat global krisis, negara-negara ini masih bisa bertahan, bahkan bertumbuh, terutama negara-negara di Asia" tambahnya.

Oleh karena itu, banyak UKM yang tak ragu terhadap potensi pertumbuhan negara-negara tersebut untuk dimanfaatkan sebagai tujuan ekspansi bisnisnya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X