Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhirnya, Darmin Lolos Juga

Kompas.com - 29/07/2010, 16:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Keluarnya (walk out) dua fraksi, PDI Perjuangan dan Hanura, dari ruang rapat paripurna, Kamis (29/7/2010), akhirnya memuluskan jalan Darmin Nasution menuju kursi BI-1. Dua fraksi itu tak menyetujui voting dilakukan secara terbuka.

Dengan keluarnya dua fraksi tersebut, tujuh fraksi yang sebelumnya menyatakan menerima Darmin, akhirnya memenangkan "pertarungan". "Apakah kita menerima keputusan Komisi XI dan menyetujui Saudara Darmin Nasution sebagai Gubernur BI?" tanya Pemimpin Rapat Paripurna, Priyo Budi Santoso. "Setujuuu," teriak anggota tujuh fraksi yang memang mendukung Darmin.

Tujuh fraksi itu adalah Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Partai Golkar, Fraksi PKS, Fraksi PAN, Fraksi PPP, Fraksi PKB, dan Fraksi Partai Gerindra.

Sebelumnya, Darmin, yang sudah disetujui aklamasi di Komisi XI, mendapat tentangan dari sejumlah anggota Dewan. Fraksi PDI Perjuangan tak menyatakan sikap dan minta dilakukan voting. Demikian pula dengan Fraksi Partai Hanura yang menolak Darmin karena dianggap diduga bersalah dalam pengucuran dana talangan Bank Century.

Proses panjang perdebatan yang dimulai sejak pukul 11.00 tadi akhirnya berakhir dengan disepakatinya Darmin sebagai Gubernur BI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com