Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhirnya, VW Punya Sportcar

Kompas.com - 26/08/2010, 12:02 WIB

JERMAN, KOMPAS.COM - Ada kabar gembira, nih. Volkswagen akhirnya punya sportcar juga.Pabrikan mobil Jerman itu sepakat dengan Porsche yang berada dalam satu grup untuk kerja sama membangun mobil sport menggunakan platform dari Porsche.

Sebenarnya, rumornya sudah beredar September lalu. Disebutkan VW akan memakai platform Panamera dengan bodi bikinan mereka. Dengan punya bodi itu, kebutuhannya tak hanya untuk VW saja, bisa juga dipakai pada Bentley, Bugatti atau Audi.

Dalam proyek ini VW mengandalkan platform yang dikembangkan oleh Porsche dengan Modular Standard Platform (MSB, dalam bahan Jerman). Mesin berada di depan, tapi tidak tertutup kemungkinan pindah posisi tergantung dari powerplant yang dipakai longitudinal atau transverse.

Konon, platform ini sebagai andalan dan akan di share ke produk VW Group lainnya, seperti untuk generasi Panamera berikutnya, Cayenne dan model Bentley.

Diputuskannya pakai platform Porsche ini, paling utama untuk penghematan biaya. Karena, dengan satu platform bisa dipakai untuk beberapa merek di segmen premium.

Jangan tanya soal harga, kapan mau diproduksi saja belum ada sinyal dari prinsipal Jerman itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com