Besok, Darmin Dilantik Jadi Gubernur BI

Kompas.com - 31/08/2010, 13:57 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Tampuk pimpinan Bank Indonesia akan kembali terisi, Rabu (1/9/2010). Rencananya, Mahkamah Agung akan melantik Darmin Nasution sebagai Gubernur Bank Indonesia pada pukul 10.00 WIB.

Kepala Biro Humas BI Difi A Johansyah memastikan tidak ada perubahan jadwal pelantikan Darmin. Darmin akan menduduki tampuk tertinggi di bank sentral selama lima tahun, yakni mulai 2010 sampai 2015. Bekas Deputi Gubernur Senior BI ini akan menjadi Gubernur BI yang ke-14.

Darmin merupakan satu-satunya calon yang diajukan pemerintah untuk mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di DPR. Proses uji kelayakan dan kepatutan tersebut berlangsung mulus meski diwarnai hujan interupsi. Namun, DPR akhirnya secara aklamasi memilih mantan Direktur Jenderal Pajak itu sebagai orang nomor satu di BI.

Sebelum melaju menjadi Gubernur BI, Darmin masuk ke jajaran teras pejabat BI sebagai Deputi Gubernur Senior tahun 2009. Presiden lalu memberinya penugasan menjadi pelaksana tugas (plt) atau pejabat sementara (pjs) menggantikan Boediono yang kini menjabat sebagai Wakil Presiden. (Ruisa Khoiriyah/Kontan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.