Inilah Lima Calon Ketua Umum Kadin

Kompas.com - 24/09/2010, 14:01 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Lima calon akan berlaga dalam Munas Kadin VI yang digelar pada 24-25 September. Kelima calon, sesuai dengan nomor urut pencalonan, adalah Sandiaga Salahuddin Uno, Suryo Bambang Sulistio, Adi Putra Tahir, Wishnu Wardhana, dan Chris Kanter.

Semua calon berasal dari kepengurusan terakhir Kadin. Pada hari pertama Munas akan digelar laporan pertanggungjawaban kepengurusan Kadin yang akan lengser. Pemilihan kepengurusan baru akan digelar keesokan hari.

Inilah gambaran para calon ketua Kadin periode 2010-2015. Sandiaga Salahuddin Uno sebagai calon bernomor urut 1 menduduki posisi Wakil Ketua Umum Kadin Bidang UMKM dan Koperasi dalam kepengurusan sebelumnya. Dalam kampanyenya sebagai calon, Sandiaga mengusung tagline "Saatnya Indonesia Setara". Sandiaga bercita-cita mendorong bangsa Indonesia menjadi lebih setara dengan bangsa lain dalam bidang ekonomi melalui penguatan organisasi Kadin, penguatan asosiasi dan himpunan, revitalisasi Kadin, penciptaan iklim usaha yang kondusif secara nasional, serta penguaran dan perluasan jaringan internasional.

Suryo Bambang Sulistio sebagai calon yang paling tua dalam pemilihan ini mengusung tagline "Kadin Bangkit, Indonesia Menang". Suryo yang terakhir menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Kadin ini merumuskan visinya dalam lima pilar revitalisasi Kadin, yang meliputi kepemimpinan yang arif, berpengalaman, profesional, dan visioner; penyempurnaan landasan hukum organisasi; peningkatan kapasitas dan kapabilitas organisasi; keberanian melakukan inovasi; serta kaderisasi yang berkelanjutan.

Adi Putra Tahir adalah calon petahan yang terakhir kali menjabat sebagai Ketua Umum Kadin. Tahir mengusung visi Kadin harus bisa menjadi penyatu pembangunan dan peningkatan daya saing nasional. Visi ini akan ditempuh melalui tiga cara, yaitu menjadikan Kadin sebagai pusat diskusi, jaringan, dan pembuatan keputusan konkret; mengoordinasikan kebijakan pemerintah dengan aktivitas dunia usaha; serta menyatukan sinergi antara BUMN dan swasta, pengusaha pusat dan daerah, serta pengusaha besar dan UKM.

Calon termuda dalam pemilihan ini adalah Wishnu Wardhana. Ia terakhir kali menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Lembaga Keuangan Nonbank, Asuransi, dan Pasar Modal. Wishnu mengusung visi "Dari Kadin untuk Indonesia", merumuskannya dalam empat program, yaitu memperkuat pembangunan infrastruktur, memperkuat iklim dan kepastian usaha, memperkuat komitmen dan keberpihakan, serta memperkuat etika dunia usaha.

Calon terakhir adalah Chris Kanter atau yang dikenal dengan nama CK 1. Chris yang terakhir kali menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Investasi, Transportasi, Informatika dan Telekomunikasi, serta Pariwisata ini mengusung tagline "Membangun Kemandirian Kadin".

Baca tentang


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X