Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Mewah 'Bodong' di Polresta Barelang

Kompas.com - 24/09/2010, 16:54 WIB

BATAM, KOMPAS.com — Mobil mewah bodong yang terkena razia di Batam hampir memenuhi lapangan depan Kantor Polresta Barelang, Kota Batam, Kepulauan Riau, Jumat (24/9/2010). Sampai dengan sore ini, mobil yang diamankan mendekati 100 unit. Mobil yang diamankan tersebut termasuk 65 unit mobil yang diamankan pada razia hari pertama, Kamis (23/9/2010).

Mobil itu antara lain Mercedez, Jaguar, Lexus, Toyota, dan BMW, yang umumnya tergolong keluaran baru. Semuanya adalah mobil impor. Mobil-mobil itu disita sebagai barang bukti dalam kasus dugaan pemalsuan dokumen kendaraan bermotor.

Ditengarai ratusan mobil mewah dibuatkan dokumen dengan tahun pemasukan sebelum tahun 2004. Padahal, sebenarnya mobil tersebut masuk setelah tahun 2004. Bahkan, tak sedikit yang baru masuk tahun 2007-2008. Modus ini dimaksudkan untuk menghindari pajak kendaraan bermotor.

Sebelum tahun 2004, impor mobil bebas pajak kendaraan. Namun, dengan berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2003 yang berlaku sejak 1 Januari 2004, mobil impor dikenai pajak kendaraan.

Menurut Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Barelang Komisaris Besar Eka Yudha Satriawan, kemungkinan mobil-mobil tersebut akan dipindahkan ke kompleks Kepolisian Daerah Kepulauan Riau yang memiliki halaman lebih luas. Di samping itu, faktor keamanan juga menjadi pertimbangan mengingat lapangan depan kantor Polresta Barelang kondisinya sangat terbuka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com