Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VW Berambisi Geser Toyota

Kompas.com - 21/10/2010, 09:26 WIB

WOLFSBURG, KOMPAS.com — Ambisi Volkswagen AG (VW) untuk menjadi produsen terbesar di dunia masih terus diperjuangkan dan mengintai Toyota yang kini penjualan globalnya menyentuh 7 juta unit. Sementara produsen mobil Jerman itu membayangi dengan selisih tinggal 1 juta unit dari 1,5 juta unit tahun lalu dan penjualannya meningkat 12,7 persen.

"Sangat mungkin VW mencapai 7 juta unit tahun ini karena pemasaran mereka di China, Amerika Serikat, dan di Eropa menguat," beber Max Warburton, analis industri otomotif dari Bernstein Research, seperti dilansir autonews, di London, hari ini.

Jika dirinci, sampai September, penjualan grup VW di Eropa menguat 1,1 persen menjadi 2,5 juta unit. Di Negeri Tirai Bambu, lonjakan besar dinikmati sebesar 39 persen atau hampir menyentuh 1,5 juta unit, dan di AS naik 21 persen atau sebanyak 267.500 unit. Memang VW tak pernah menyatakan berapa target penjualan tahun ini, mereka hanya berharap bisa melewati pencapaian tahun lalu sebanyak 6,3 juta unit.

Kepala Penjualan VW Christian Klingler di gelaran Paris Auto Show awal bulan ini mengatakan, kesempatan VW mencapai penjualan 10 juta unit setahun bisa tercapai lebih cepat dari target awal 2018. Dengan pencapaian ini, perusahaan berharap bisa menggeser dominasi Toyota sebagai pemimpin pasar otomotif dunia, baik dari segi penjualan maupun keuntungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com