Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan 'Merchant' Terancam Disegel

Kompas.com - 25/10/2010, 08:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Akibat gesek tunai kartu kredit, ribuan merchant kartu kredit terancam ditutup.

Aribowo, Kepala Biro Pengembangan dan Kebijakan Sistem Pembayaran Direktorat Akunting dan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI), mengimbau, bank-bank memerhatikan masalah gesek tunai (gestun).

Belum lama ini, BI sudah memanggil Asoasiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI), bank penerbit, acquire, dan prinsipial terkait gestun tersebut. Hasilnya, lebih dari 700 merchant ditutup atau acquire memutus kontrak merchant yang bersangkutan. "BNI saja sudah menutup 300 merchant dan Bank Mandiri sekitar 200 merchant," ujar Aribowo kepada KONTAN, Minggu (24/10/2010).

Ke depan, BI akan terus menertibkan merchant-merchant yang telah menyalahi aturan tersebut. "Merchant itu bukan bank dan bukan untuk transaksi uang. Ini bisa merugikan bank karena bisa meningkatkan potensi NPL (kredit bermasalah). Mungkin secara volume meningkat, tetapi bisa membuat NPL tinggi," ungkap Aribowo.

Sekadar informasi, praktik gestun awalnya banyak terjadi di toko-toko emas. Namun, kini hampir di semua toko yang memiliki electronic data capture (EDC) menyediakan layanan gesek tunai. (Andri Indradie/Kontan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com