Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembatasan buat Pelat Hitam Lebih Simpel

Kompas.com - 02/12/2010, 08:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah akan memberlakukan pembatasan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) subsidi. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Rusman Heriawan memilih opsi pembatasan BBM subsidi untuk seluruh kendaraan pelat hitam.

Rusman beralasan penerapan opsi tersebut lebih sederhana ketimbang pelarangan untuk kendaraan pelat hitam di atas tahun 2005. "Kalau dibatas-batasi, implementasinya di lapangan akan repot," katanya, Rabu (1/12/2010).

Apalagi, dia mengatakan, pembatasan BBM pada pelat hitam tidak ada multilayer effect. ”Karena tidak ada pengaruhnya pada angkutan, kemudian barang-barang pokok juga tidak naik,” ujarnya.

Yang penting, Rusman mengingatkan, penerapan kebijakan pembatasan BBM bersubsidi ini sangat memerlukan kesiapan Pertamina untuk menyediakan BBM nonsubsidi di seluruh wilayah Indonesia. Maklum saja, Rusman menilai penerapannya nanti tentu akan sulit. ”Ada konsekuensi bagi Pertamina memperluas jaringan untuk menyediakan Pertamax atau BBM nonsubsidi,” ujarnya.

Saat ini Rusman mengatakan, pasokan BBM nonsubsidi di daerah-daerah masih seret. Pertamina sendiri mengakui masih banyak daerah, terutama di luar Jawa, yang belum bisa menyediakan BBM nonsubsidi. (Irma Yani/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com