Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nestle Membangun Pabrik 100 Juta Dollar AS

Kompas.com - 10/12/2010, 04:50 WIB

Jakarta, Kompas - PT Nestle Indonesia memutuskan membangun pabrik baru di Jawa Barat. Total investasinya mencapai 100 juta dollar AS atau sekitar Rp 900 miliar.

Keputusan berinvestasi ini hanya berselang sepuluh bulan dari perluasan pabrik Nestle di Kejayan, Pasuruan, Jawa Timur.

Menurut Presiden Direktur Nestle Indonesia Arshad Chaudry, Kamis (9/12) di Jakarta, pembangunan pabrik baru itu mulai dilakukan semester I-2011 dan dijadwalkan selesai seluruhnya pada tahun 2015

Investasi ini juga merupakan bagian dari strategi jangka panjang Nestle untuk meningkatkan penggunaan bahan baku lokal sekaligus menciptakan lapangan kerja baru di Tanah Air.

Pada tahap pertama, pabrik akan dibangun pada lahan seluas 10-15 hektar. Di pabrik baru itu, akan diproduksi minuman cokelat malt Milo dan bubur bayi.

Sedangkan tahap kedua merupakan perluasan fasilitas produksi untuk kategori produk- produk lainnya. Belum ada kepastian jenis produk, tetapi dijadwalkan selesai tahun 2013- 2015.

Menurut dia, pabrik itu akan menjadi pabrik berteknologi canggih dan ramah lingkungan sekaligus memenuhi standar persyaratan halal.

Nestle tetap akan menggarap pasar produk makanan dan minuman murah melalui model bisnis popularity positioned product yang fokus memenuhi kebutuhan khusus konsumen di negara berkembang seperti Indonesia.

Arshad berjanji akan mengutamakan penyerapan bahan baku dalam negeri, seperti bubuk cokelat, gula, dan beras merah. ”Pabrik baru ini dibangun untuk memenuhi pasar dalam negeri dan menggunakan bahan baku secara maksimal dari dalam negeri juga,” katanya.

Sementara itu, Nestle’s Executive Vice President Frits van Dijk mengatakan, pihaknya optimistis dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Populasi dan daya beli penduduk Indonesia terus meningkat sehingga permintaan terhadap produk makanan dan minuman juga naik. (MAS)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com