VW Luncurkan Taxi Concept Listrik di London

Kompas.com - 15/12/2010, 11:14 WIB
EditorZulkifli BJ

LONDON, KOMPAS.com - Kota-kota besar di dunia terus berusaha memperbaiki lingkungan lebih bersih dan hemat energi dengan memperkenalkan kendaraan yang tidak menimbulkan polusi. Kendaraan tersebut tidak hanya ditargetkan untuk pengguna pribadi, juga armada yang disewakan, misalnya taksi. Salah satu kota besar dunia yang gencar memperbaiki lingkungannya saat ini adalah London, Inggris. Di samping itu, ukuran taksi makin kompak atau praktis.

Kamarin di kota tersebut, VW meluncurkan Taxi Concept yang dibuat berdasarkan mobil kota Up atau Lupo, diproduksi di waktu yang akan datang. Tepatnya lagi, taksi tersebut adalah Milan Taxi Concept yang diperkenalkan VW di Jerman pada April lalu.

Taxi Concept dengan struktur bodi dua box - seperti minibus - merupakan gagasan Klaus Bischoff, bos tim desain di VW. Bischoff juga langsung meluncurkan taksi tersebut di pusat tengah kota London.

VW Taxi Concept digerakkan oleh motor listrik bertenaga 115 PS (85kW) yang memperoleh energi dari baterai lithium-ion berkapasitas 45kWh. Dengan pengecasan (isi) selama satu jam, cukup untuk mengisi 80 persen dari total kapasitas baterainya.

Dijelaskan pula, taksi munggil dengan dimensi: panjang 3,730 mm, lebar 1.680 mm dan tinggi 1.600 mm, sekali isi baterainya bisa buat menempuh jarak 300 km. Kemampuan dikebut, 119 km. Sebagai ciri khas taksi London, pada kedua pintu depan dipasang bendera Union-Jack kecil.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X