Jasa Marga Tingkatkan "e-Toll Card"

Kompas.com - 17/12/2010, 10:49 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Jasa Marga Tbk bersama Bank Mandiri merencanakan investasi baru untuk meningkatkan sistem e-toll card atau kartu tol elektronik untuk memacu kinerja sistem dan jumlah pengguna kartu itu.

"Melalui cara ini, diharapkan pengguna e-toll card semakin banyak," kata Direktur Utama Jasa Marga Frans S Sunito di Jakarta, Kamis (16/12/2010).

Dia mengatakan, untuk meningkatkan transaksi e-toll card, dibutuhkan sebuah alat sensor yang secara otomatis melakukan transaksi tanpa pengemudi menghentikan kendaraannya.

Frans mengatakan, sistem baru ini baru akan diterapkan pada 2011 sebagai upaya mengurangi antrean di gerbang tol. "Transaksi bisa lebih cepat dengan sistem baru ini karena dengan sistem e-toll card saat ini masih membutuhkan 2-3 detik," ujar Frans.

Semua gerbang tol milik Jasa Marga setiap harinya melayani 900 juta transaksi. Angka ini diprediksi akan naik lagi pada 2011 mencapai 1 miliar transaksi. Jika Jasa Marga tidak mengembangkan sistem transaksi yang praktis, maka bisa dibayangkan antrean mobil di gerbang tol yang hendak melakukan transaksi.

PT Jasa Marga Tbk (JSMR) menargetkan transaksi harian di seluruh tol milik perseroan yang menggunakan e-toll card bisa meningkat menjadi Rp 3,6 miliar per hari pada 2013. "Saat ini total transaksi harian mencapai Rp 12 miliar, sementara yang menggunakan e-toll card baru sebanyak Rp 720 juta saja," katanya.

Kenaikan itu, kata dia, akan disokong oleh meningkatnya penggunaan e-toll card yang saat ini jumlahnya masih sedikit dimiliki oleh masyarakat Indonesia. "Saat ini baru 6 persen saja transaksi harian yang memakai e-toll card. Nanti kita akan kembangkan sistem baru sehingga peminatnya makin banyak. Dengan begitu, bisa ada kenaikan sampai 30 persen transaksi e-toll dari total transaksi harian," kata dia.

Menurut dia, dengan resminya pengoperasian e-toll card di JORR, maka semua gerbang dari Veteran di barat sampai Rorotan di timur sudah mampu menerima layanan ini. PT Jasa Marga saat ini memiliki 83 gerbang tol yang telah dioperasikan, sebanyak 28 gerbang di antaranya sudah menggunakan e-toll card.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X