Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pimpinan DPR Kaget Soal Hak Angket Pajak

Kompas.com - 24/01/2011, 16:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pimpinan DPR RI yang juga politikus Partai Golkar, Priyo Budi Santoso, mengaku terkejut atas pengajuan hak angket soal pajak yang diajukan 30 politikus di DPR RI.

Rasa keterkejutan itu diutarakan Priyo ketika menerima berkas berisi 30 tanda tangan anggota DPR RI yang mengajukan hak angket, Senin (24/1/2011), di ruang kerjanya di Gedung DPR RI.

"Saya akui, saya terperanjat dengan pengajuan hak angket. Saya kira pengajuan panja (panitia kerja)," kata Priyo.

Namun, pantauan Kompas.com, sesaat sebelum rombongan inisiator hak angket pajak soal pajak tersebut datang ke ruang kerja Priyo, beberapa politikus Partai Golkar terlebih dahulu melakukan pertemuan. Pertemuan yang berlangsung di ruang kerja Priyo itu dihadiri oleh Ketua Fraksi Partai Golkar Setya Novanto, Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham, yang juga mantan Ketua Pansus Hak Angket Century, anggota Komisi III Bambang Soesatyo, anggota Komisi I Yorrys Raweyai, anggota Komisi XI Melchias Mekeng, dan lainnya.

Priyo mengatakan, hak angket soal pajak ini termasuk yang bersejarah. Pasalnya, hak angket ini diajukan oleh seluruh fraksi di DPR RI.

Sebelumnya, ketika kasus Bank Century bergulir, tak semua fraksi kompak pada saat awal pengajuan hak angket. Jumlah inisiatornya pun hanya berjumlah delapan orang. Sementara inisiator hak angket soal pajak berjumlah 30 orang.

"Saya yakin, ini semua diniati untuk memperbaiki semua lini yang terkait pajak," kata Priyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com