Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jet Airways Kaji Terbang ke Indonesia

Kompas.com - 24/01/2011, 18:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Jet Airways, selaku maskapai yang berbasis di India, sedang mempertimbangkan pembukaan rute penerbangan langsung ke Indonesia. Hingga kini, memang belum ada penerbangan langsung antara Indonesia dan India.

"Kami sedang dalam kajian untuk membuka penerbangan langsung. Selama ini, Jet Airways bekerja sama dengan Garuda Indonesia dengan transit terlebih dahulu di Singapura," kata Jayne Low, Regional Marketing Manager Jet Airways Asia Tenggara, Senin (24/1/2011) di Jakarta.

Ditambahkan GSA Jet Airways, Nasrizal, pihaknya juga sedang mengkaji apakah lebih baik menerbangkan Jet Airways yang merupakan penerbangan full service ataukah Jet Airways selaku maskapai berbiaya rendah.

Ditambahkan Low, sepanjang tahun 2010 (sampai November 2010), lalu lintas perjalanan udara antara dua negara tumbuh 16 persen dibanding tahun 2009 yakni sebanyak 42.000 orang.

Raveesh Kumar, Charge de Affair Kedutaan Besar India, menginformasikan, dalam kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke India mulai hari ini hingga Rabu (26/1/2011), juga dibahas air service agreement.

"Dengan perjanjian itu, kembali akan dipertegas mengenai transportasi udara di dua negara. Kemudian, pemerintah India juga mengharapkan adanya penerbangan langsung apalagi Indonesia merupakan mitra kedua terbesar India di Asia," kata Kumar.

Sejauh ini, penumpang dari India menuju Indonesia dan sebaliknya harus terlebih dahulu transit di Kuala Lumpur dan Singapura. Dari kedua kota itu, barulah diangkut dengan Garuda Indonesia menuju Jakarta.

Sebenarnya, ada pula jaringan maskapai lain untuk penumpang yang ingin penerbangan berbiaya murah. Yakni, dengan keberadaan maskapai AirAsia, dengan terlebih dahulu transit di Kuala Lumpur.

Selain murah, kota pilihannya bahkan lebih luas dibanding duet Jet Airways dan Garuda Indonesia. Dari Kuala Lumpur, dapat terbang langsung ke New Delhi dan Mumbai. "Sementara untuk ke Kuala Lumpur, ada banyak pilihan, bisa dari Jakarta, Surabaya, Medan, dan Denpasar," ujar Corporate Communication Manager Indonesia AirAsia, Audrey Progastama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com