IMF Naikkan Proyeksi Pertumbuhan Dunia

Kompas.com - 25/01/2011, 08:26 WIB
EditorErlangga Djumena

PARIS, KOMPAS.com — Dana Moneter Internasional (IMF) telah menaikkan proyeksi pertumbuhan dunia tahun ini menjadi sedikit di bawah 4,75 persen.

"Update terbaru untuk proyeksi global IMF, yang akan dirilis Selasa, menunjukkan bahwa pertumbuhan global 2011 diperkirakan akan sedikit lebih lambat daripada 4,75 persen yang terdaftar tahun lalu," ujar Deputi Direktur Pelaksana IMF John Lipsky pada sebuah forum Amerika Latin di Paris, Perancis.

Pada Oktober lalu IMF memprediksi pertumbuhan dunia 4,2 persen untuk tahun ini. "Di satu sisi angka revisi 'cukup mengesankan'," kata Lipsky, mengutip rata-rata tahunan terakhir sekitar 3,5 persen.

"Namun, rincian kurang memuaskan tentang kinerja ekonomi maju," dia memperingatkan.

Seperti yang diakui secara universal, negara-negara berkembang telah mewakili pendorong kegiatan ekspansi global pascakrisis. "Sebaliknya, ekspansi ekonomi paling maju sedang dipertahankan hanya pada kecepatan yang moderat, dengan pertumbuhan dalam banyak kasus terlalu lemah untuk mengurangi pengangguran secara signifikan."

Sebuah tim  think tank Pemerintah China pada Minggu memperkirakan ekonomi nasional, terbesar kedua di dunia, akan tumbuh sekitar 9,8 persen tahun ini setelah 10,3 persen pada 2010.

Tidak seperti negara-negara Barat berjuang untuk memacu pertumbuhan, Beijing telah berusaha untuk memperlambat ekonomi dan membendung banjir likuiditas yang mengembuskan inflasi dan menaikkan harga properti.

Ekspansi global juga tetap memiliki risiko kecenderungan penurunan substansial, Lipsky memperingatkan, mengutip harga komoditas dan harga pangan yang tinggi, yang katanya "bisa merongrong stabilitas makroekonomi dan memicu kerusuhan sosial dan politik di negara-negara berkembang.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X