Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IMF Naikkan Proyeksi Pertumbuhan Dunia

Kompas.com - 25/01/2011, 08:26 WIB

PARIS, KOMPAS.com — Dana Moneter Internasional (IMF) telah menaikkan proyeksi pertumbuhan dunia tahun ini menjadi sedikit di bawah 4,75 persen.

"Update terbaru untuk proyeksi global IMF, yang akan dirilis Selasa, menunjukkan bahwa pertumbuhan global 2011 diperkirakan akan sedikit lebih lambat daripada 4,75 persen yang terdaftar tahun lalu," ujar Deputi Direktur Pelaksana IMF John Lipsky pada sebuah forum Amerika Latin di Paris, Perancis.

Pada Oktober lalu IMF memprediksi pertumbuhan dunia 4,2 persen untuk tahun ini. "Di satu sisi angka revisi 'cukup mengesankan'," kata Lipsky, mengutip rata-rata tahunan terakhir sekitar 3,5 persen.

"Namun, rincian kurang memuaskan tentang kinerja ekonomi maju," dia memperingatkan.

Seperti yang diakui secara universal, negara-negara berkembang telah mewakili pendorong kegiatan ekspansi global pascakrisis. "Sebaliknya, ekspansi ekonomi paling maju sedang dipertahankan hanya pada kecepatan yang moderat, dengan pertumbuhan dalam banyak kasus terlalu lemah untuk mengurangi pengangguran secara signifikan."

Sebuah tim  think tank Pemerintah China pada Minggu memperkirakan ekonomi nasional, terbesar kedua di dunia, akan tumbuh sekitar 9,8 persen tahun ini setelah 10,3 persen pada 2010.

Tidak seperti negara-negara Barat berjuang untuk memacu pertumbuhan, Beijing telah berusaha untuk memperlambat ekonomi dan membendung banjir likuiditas yang mengembuskan inflasi dan menaikkan harga properti.

Ekspansi global juga tetap memiliki risiko kecenderungan penurunan substansial, Lipsky memperingatkan, mengutip harga komoditas dan harga pangan yang tinggi, yang katanya "bisa merongrong stabilitas makroekonomi dan memicu kerusuhan sosial dan politik di negara-negara berkembang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com