Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemeriksaan Pegawai PT KAI Tertutup

Kompas.com - 02/02/2011, 12:20 WIB

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Pemeriksaan internal awak kereta api dan petugas perjalanan kaitannya dengan tabrakan KA Mutiara Selatan dan KA Kutojaya di emplasemen Stasiun Langen Kota Banjar, yang berlangsung mulai Rabu (2/2/2011) ini, dilakukan secara tertutup.

Investigasi oleh tim PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi V Purwokerto Jawa Tengah, tersebut tidak akan dibuka kepada publik. "Pemeriksaan bersifat tertutup. Karena hasilnya akan digunakan sebagai bahan evaluasi internal perusahaan saja," ujar Kepala Humas PT KAI Daop V Purwokerto, Surono.

Menurut dia, pemeriksaan yang dilakukan oleh tim internal disebut Comitee van Onderzog (CO) itu tidak ada kaitannya dengan investigasi kecelakaan oleh Komite Nasional Keselamatan Tranaportasi (KNKT) maupun kepolisian.

Sebanyak 19 awak KA dan petugas perjalanan akan dimintai keterangan secara maraton. Terdiri dari 5 awak KA Mutiara Selatan, dan 5 awak KA Kutojaya. Mereka masing-masing, masinis, asisten masinis, kondektur, petugas layanan KA dan petugas pengatur suhu ruangan (AC).

Selain itu, diperiksa pula 3 orang petugas pusat pengendali PT KAI Daop V Purwokerto, 3 petugas pemeriksa rangkaian dari Daop VIII Surabaya dan 3 pimpinan perjalanan kereta api di Stasiun Langen (Banjar), Meluwung (Cilacap) dan Sidareja (Cilacap).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com