IMF Puji Indonesia

Kompas.com - 03/02/2011, 08:41 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Dana Moneter Internasional (IMF) menyatakan Indonesia akan mengalami pertumbuhan ekonomi yang baik tahun ini. Lembaga keuangan internasional itu memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2011 lebih dari 6 persen.

Managing Director IMF Dominique Strauss-Khan mengatakan, perekonomian Indonesia berjalan baik, meskipun menghadapi tantangan yang sama dengan negara-negara lain, seperti gejolak harga pangan dan energi. "Secara global, ekonomi Indonesia berjalan baik dan saya perkirakan bisa tumbuh lebih dari 6 persen," kata Dominique seusai bertemu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kantor Presiden, Rabu (2/2/2011).

Menurut Dominique, tidak ada persoalan signifikan yang bisa menghambat ekonomi Indonesia untuk tumbuh. Selain itu, kata dia, defisit anggaran sebesar 1,8 persen tahun 2011 masih dalam level yang masuk akal. "Sebab, akan membantu tingkat investasi dan pembangunan di Indonesia," katanya.

Sekadar informasi, pemerintah menetapkan pertumbuhan ekonomi sebesar 6,4 persen dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBN) tahun 2011. Angka pertumbuhan itu naik 0,1 persen dari target Rancangan APBN tahun 2011 sebesar 6,3 persen.

Dominique menambahkan, kisruh politik di Mesir akan memengaruhi harga minyak dan pangan dunia. Alhasil akan memengaruhi pertumbuhan ekonomi negara-negara dunia meski hanya sementara saja. (Hans Henricus/Kontan)



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X