Bisa Jadi Peluang tapi Juga Bumerang

Kompas.com - 19/02/2011, 13:33 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com -- Ditariknya film impor Amerika mulai Jumat (18/2/2011) kemarin, bak pedang bermata dua, bisa menguntungkan dan jadi bumerang bagi industri film nasional dalam memanfaatkan ruang kosong tersebut.

Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Demokrat, I Gede Pasek Suardika menilai bahwa ruang kosong ini harus benar-benar dimanfaatkan semaksimal mungkin dengan tetap menjaga kualitas.

"Untuk film nasional, secara prospek tentu ruang kosong itu akan berpeluang diisi film nasional. Sehingga potensinya akan meningkat," ujarnya, di Jakarta, Sabtu (19/2/2011).

Namun, ditegaskan dia, potensi tersebut malah bisa terbalik bagi industri film layar lebar nasional apabila hanya sekedar melihat peluang kosong dengan mengejar target sebanyak-banyaknya tanpa mempertimbangkan kualitas. Jika begitu, potensi ini akan tidak berbuah apa-apa.

"Itu semua bisa akan jadi bumerang juga kalau produksi film ditingkatkan demi mengejar pasar tanpa menjaga kualitas. Ini peluang sekaligus tantangan bagi insan film di Indonesia mencermati dampak dari kebijakan tersebut," jelasnya.

Baca tentang


    Rekomendasi untuk anda
    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X