Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Logam Mulia Mahal, Bagaimana Perhiasan?

Kompas.com - 23/02/2011, 15:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Harga emas perhiasan tidak selalu mengikuti kenaikan harga emas batangan (logam mulia) yang cenderung meningkat belakangan ini. Saat ini harga emas di pasaran dunia sekitar 1.400 dollar Amerika Serikat per troy ounce.

"Harga emas batangan memang lagi naik, tetapi belum tentu harga emas perhiasan juga naik," kata Teddy, karyawan toko emas Ratu di Jalan Paseban, Kramat Raya, Jakarta Pusat, Rabu (23/2/2011).

"Kalau kenaikan harga logam mulia sedikit, misalnya naik Rp 1.000-Rp 2.000, maka kami ngalah. Namun kalau harga naik sampai Rp. 10.000, kami baru naikkan harga," kata Teddy.

Tidak hanya harga emas perhiasan, harga emas batangan juga tidak konsisten kenaikannya. "Harga emas batangan atau logam mulia ukuran terkecil, 5 gram, hari ini Rp 405.000, turun dibandingkan dengan harga kemarin yang mencapai Rp. 410.000," ujar seorang karyawan toko emas Nanjak di Jalan Paseban 3c.

Kenaikan harga yang masih fluktuatif memang diikuti oleh kenaikan jumlah warga yang menjual emas. "Namun, peningkatan jumlah orang yang menjual emas belum meningkat drastis," ucap Teddy.

Kisaran harga emas perhiasan di Paseban untuk emas 23 karat sebesar Rp 280.000 per gram, sedangkan emas 24 karat berharga Rp 380.000 per gram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com