Mari Belajar Investasi dengan Mudah

Kompas.com - 26/02/2011, 13:45 WIB
EditorNasru Alam Aziz

JAKARTA, KOMPAS.com — "Siapa yang tak ingin kaya? Coba angkat tangan," seru  Lukas S Atmaja. "Jika tidak ada yang mengangkat tangan, berarti kita semua masih rasional," katanya.

Dalam rangkaian acara Kompas Gramedia Fair, Sabtu (26/2/2011), di Istora Senayan, Jakarta, Lukas S Atmaja meluncurkan bukunya  berjudul Who Wants To Be A Smilling Investor. "Concern buku ini tidak hanya mencakup filosofi investasi, juga sekaligus teknis praktis, bagaimana berinvestasi dengan saham," ungkapnya.

Lukas, pengajar keuangan dan investasi di Prasetya Mulya, itu menggandeng kartunis Thomdean, lulusan Arsitektur UGM, sehingga buku ini menjadi buku investasi pertama di Indonesia dan dunia yang dikemas dalam bentuk kartun.

Lukas menulis buku ini dalam bentuk kartun, trinspirasi saat mengajari anaknya ilmu Fisika, yang ternyata lebih mudah dan menarik bagi anaknya saat diberi buku yang disajikan dalam bentuk kartun.

Menurut Lukas, dalam berusaha, semua berawal dari nol. Sejumlah tokoh, seperti Mooryati S (Mustika Ratu) hingga Bill Gates, dijadikan contoh oleh Lukas, yang memulai usahanya dari garasi. "Berinvestasi saham tidak serta-merta bisa cepat menghasilkan. Harus sabar dan bertindak rasional, sekaligus harus siap dengan risiko," kata Lukas.

Ia menyebutkan empat langkah praktis berinvestasi secara damai. Pertama, tentukan berapa lama kita akan "tidur". Kedua, pilih perusahaan yang memiliki competitive advantage, misalnya perusahaan punya brand yang kuat. Ketiga, diversifikasi, karena kita tidak tahu mana saham yang bakal melejit dan memudar. Keempat, tetap "tidur" tanpa terpengaruh hiruk-pikuk pasar modal.

Lukas juga mengingatkan, "online trading" hanya membuat orang menjadi "trader." Ia mengibaratkan bahaya trading sebagai seorang mahasiswa yang hari ini naik BMW, namun besok dia bisa naik busway. "Jika ingin bermain saham, mulai dari investasi dengan jumlah uang kecil dulu, jangan langsung tanam Rp 100 juta," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.