Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nonton Ayam yang Dipaksa Ketawa

Kompas.com - 24/03/2011, 14:01 WIB

Oleh R Maruto

Jarum jam menunjukkan pukul 10.30 Wita. Suara kokok ayam jantan terdengar bersahut-sahutan di Taman GOR, Kota Palu, Sulawesi Tengah, pada Minggu (20/3) lalu.

Ayam-ayam itu, bukan sedang membangunkan warga Kota Palu dari tidurnya melainkan mengikuti lomba ayam tertawa yang digelar oleh Komunitas Pencinta Ayam Ketawa Sidenreng Rappang (Kompaks) yang ada di Sulawesi Tengah.

Saat lomba berlangsung, pemilik ayam mencoba menyemangati jago miliknya, dari jarak yang telah ditentukan, agar mengeluarkan suara tawa terbaiknya.

Pemberian semangat itu, seperti dengan memberi kode-kode tertentu menggerakkan tangan. Ada pula yang memberikan suara-suara tertentu yang sekiranya bisa dipahami oleh ayam kesayangannya.

Dari 350 ayam yang dipertandingkan, tidak semuanya bisa mengeluarkan suara terbaiknya.

Bahkan ketika panitia memberikan waktu 15 menit kepada ayam-ayam  untuk beraksi, sejumlah ayam jago hanya diam sambil tengak-tengok.

Ada juga yang lemas, seperti sedang tidak sehat. Pemiliknya pun tidak bisa berbuat banyak meski segala "jurus" sudah dikeluarkannya.

Mastam, salah seorang pemilik ayam dari Kabupaten Parigi Moutong, mengaku tergiur dengan hadiah yang ditawarkan, yakni berupa sepeda motor, televisi, kipas angin, dan sejumlah uang jutaan rupiah.

Pria ini mengikutkan sembilan ayamnya untuk berlomba.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com