Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asuransi, Alternatif Pembiayaan Pasca-Bencana

Kompas.com - 24/03/2011, 15:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring dengan dampak bencana terhadap perekonomian negara cukup besar, di mana 20 persen anggaran negara dapat digunakan untuk pembiayaan rekonstruksi pasca-bencana, maka asuransi dapat menjadi alternatif pembiayaan. "Alternatif pembiayaan melalui asuransi dapat membantu penghematan anggaran negara bagi biaya mitigasi dan rekonstruksi," jelas Menteri Keuangan Agus Martowardojo, di Jakarta, Kamis (24/3/2011).

Terkait asuransi bencana, Bank Dunia juga memasukkan hal ini sebagai salah satu bentuk pencegahan yang efektif yang perlu dilakukan oleh pemerintah. "Asurasi sangat berguna untuk membantu resiko fiskal," jelas Senior Economist Global Facility for Disaster Reduction and Recovery Apurva Sanghi, yang juga sangat mengharapkan Indonesia segera memiliki asuransi ini.

Menurutnya, banyak negara telah mempunyai asuransi bencana ini, yang terbaru yaitu negara-negara di Kepulauan Karibia. "Banyak negara di Karibia bersatu, mereka negara-negara kecil, lalu mereka membeli asuransi komersial, dan bernegosiasi untuk mendapatkan harga yang murah," jelas Apurva.

Negara-negara Karibia memang telah mempunyai Carribean Catastrophe Risk Insurance Facility, yaitu fasilitas yang menyatukan resiko bencana dalam satu wilayah, membantu negara dalam keadaan terkena bencana untuk membeli asuransi yang lebih murah dibandingkan tanpa bantuan fasilitas ini. Asuransi semacam inilah yang sedang dikaji oleh Kementerian Keuangan, dan sejumlah lembaga terkait, seperti BNPB (Badan Nasiona Penanggulangan Bencana), yang nantinya diharapkan dapat membantu masyarakat di daerah rawan bencana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com