Presiden: Pastikan Kilang Tetap Beroperasi

Kompas.com - 04/04/2011, 12:52 WIB
EditorHeru Margianto

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginstruksikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa dan Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh untuk memantau perkembangan dan memastikan kilang minyak PT Pertamina Refinery Unit IV Cilacap, Jawa Tengah, dapat segera beroperasi kembali.

"Menko Perekonomian dan Menteri ESDM diinstruksikan agar terus memantau dan mengupayakan segala cara untuk mengendalikan situasi sehingga kilang Cilacap beroperasi kembali," kata Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha kepada para wartawan, Senin (4/4/2011) di Jakarta.

Kebakaran hebat melelehkan tiga tangki di kilang minyak Cilacap sejak Sabtu (2/3/2011). Api pertama kali berkobar dari Tangki 31 T-2 berkapasitas 10.487 kiloliter di area 31. Berturut-turut tangki membakar dua kilang di sebelahnya.

Selanjutnya, Julian mengatakan, pada Senin ini, kedua menteri melaporkan bahwa tak ada kerusakan kilang Cilacap pascagempa yang terjadi tadi pagi. "Pemadaman Tangki 31-T7 yang masih terbakar, mulai hari ini pukul 9 atau 10 akan menggunakan terminator atau truk pemadam api berkapasitas sangat besar, segera setelah selesai fabrikasi peralatan di workshop Pertamina Cilacap. Diharapkan, api dapat dipadamkan lebih cepat Senin malam atau Selasa pagi," kata Julian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.