Menkeu Ikut Tanda Tangani Rupiah

Kompas.com - 06/04/2011, 08:15 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Anggota Komisi XI DPR, Kemal Stamboel, kecewa, RUU Mata Uang tidak dapat diselesaikan dalam masa sidang ini. Padahal, setelah melalui perdebatan alot melalui rapat kerja di Jakarta Selasa (5/4/2011) sore, telah dicapai beberapa kesepakatan atas beberapa masalah krusial.

Menurut Kemal, rapat kerja telah menyetujui uang kertas Republik Indonesia ditandatangani oleh Gubernur Bank Indonesia dan Presiden diwakili Menteri Keuangan. Partai Hanura, Partai Gerindra dan, F-PDIP yang semula menolak pemerintah ikut tandatangan pun akhirnya setuju.

Terkait keinginan pemerintah agar gambar presiden bisa dimasukkan dalam uang kertas, Komisi XI, yang sebelumnya menolak, akhirnya juga setuju. "Pasal 7 Ayat 1, yang semula tidak mengakomodir presiden, akhirnya berubah menjadi pahlawan nasional dan presiden dapat dicantumkan dalam bagian depan mata uang," ujarnya.

Mengenai perdebatan masalah bahan baku rupiah yang sebelumnya diperdebatkan kewenangannya juga sudah tercapai kesepakatan. Terkait redenominasi Komisi juga sepakat untuk tidak mencantumkannya dalam RUU Mata Uang. "Sayang sekali beberapa kesepakatan penting atas masalah-masalah yang krusial sebelumnya terganjal oleh masalah yang tidak substantif," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.