Kompas.com - 04/05/2011, 08:26 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Proses perpindahan kartu kredit Carrefour dari Bank Central Asia (BCA) ke Bank Mega akhirnya rampung. Bank Mega akan menjadi mitra co-branding Carrefour mulai awal Juni 2011.

Direktur Ritel Bank Mega Kostaman Thayib mengatakan, sepanjang Mei ini Bank Mega akan mengirimkan kartu kredit pengganti kepada nasabah yang sebelumnya menggunakan kartu kredit Carrefour BCA.

"Kami kirimkan ke nasabah yang ingin memperpanjang kartu kredit," katanya kepada KONTAN, Selasa (3/5/2011). Selama masa transisi, kedua kartu itu masih bisa digunakan untuk bertransaksi. Namun, mulai Juni 2011 kartu kredit Bank Mega akan beroperasi penuh.

Menjadi mitra baru Carrefour, bank yang 57 persen sahamnya dimiliki Chairul Tanjung ini tidak mengeluarkan dana ke BCA. Kata Kostaman, setelah memverifikasi nasabah dan berdiskusi dengan BCA, pihaknya tidak akan membeli teknologi informasi (TI) milik BCA. "Kami sudah mempunyai TI yang akan kami kembangkan sendiri," tambahnya.

Dia mengklaim, Bank Mega sudah mendapat restu Bank Indonesia (BI) untuk memindahkan nasabah kartu kredit Carrefour. "BI oke saja, tidak ada masalah," ujarnya.

Manajer Kartu Kredit BCA Santoso mengatakan, berdasarkan kesepakatan antara BCA, Bank Mega, dan Carrefour, seluruh portofolio kartu kredit dan tagihan akan dialihkan ke Bank Mega. Namun, yang dialihkan hanya portofolio nasabah lancar. "Sedangkan nasabah dengan kolektabilitas kurang lancar tetap di BCA untuk menyelesaikan tagihan," ujarnya tanpa bersedia menyebutkan jumlah nasabah yang bermasalah tersebut.

Informasi saja, perjanjian kerja sama BCA dengan Carrefour berakhir awal April 2011. BCA mengklaim memiliki 330.000 nasabah pemegang kartu kredit.

Penyelesaian utang

Namun, Kepala Biro Kebijakan dan Pengembangan Sistem Pembayaran BI Aribowo mengatakan, hingga saat ini BI belum menerbitkan izin akuisisi nasabah kartu kredit Carrefour BCA oleh Bank Mega karena masih menunggu hasil penilaian dari pengawas bank. "Sekarang izinnya sedang kami proses," ujarnya.

BI juga sedang meminta penjelasan kepada Bank Mega dan BCA mengenai teknis perpindahan nasabah. Salah satu poin yang ditanyakan adalah soal penyelesaian utang piutang nasabah kartu kredit, apakah diselesaikan secara langsung atau dialihkan kepada Bank Mega.

Bank Mega, kata Aribowo, bisa saja mengirimkan kartu kredit pengganti kepada nasabah karena mereka sudah mendapatkan izin menerbitkan kartu kredit. "Namun, kartu kredit itu belum bisa digunakan untuk transaksi sebelum izin akuisisi terbit," ujarnya.

Pada 28 April 2011, BCA melayangkan surat pemberitahuan kepada pemegang kartu Carrefour BCA. Surat itu meminta nasabah yang menggunakan kartu Carrefour BCA melunasi tagihan yang diterbitkan Mei 2011. Sedangkan bagi nasabah yang memiliki cicilan, dapat diteruskan melalui kartu kredit baru Carrefour Mega Card dengan syarat kondisi dan tingkat suku bunga sama. (Roy Franedya/Kontan)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.