VW Beetle Rp 2,13 Miliar! Apa Istimewanya?

Kompas.com - 15/05/2011, 14:21 WIB
EditorBastian

TEMECULA, KOMPAS.com — Berapa sih harga VW Beetle model kabriolet? Paling mahal juga Rp 1 miliar. Itu pun penuh dengan emas dan berlian. Namun, harga mobil rakyat Jerman satu ini justru dibuka dengan angka 250.000 dollar AS atau Rp 2,13 miliar saat dilelang.

Apa istimewanya? Selain karena pemiliknya, tingginya harga mobil ini juga karena kehebatannya. Kodok kabriolet ini milik aktor kawakan asal Hollywood, almarhum Paul Newman. Ia membeli mobil produksi 1963 ini dan memodifikasinya dengan bantuan Jerry Eisert (pemodifikasi mobil indy). Hasilnya, "kodok" ini mampu melompat dengan tenaga 300 HP dari mesin Ford V8 berukuran 351 kubik inci yang digandeng transmisi 5-percepatan.

Guna menjaga kestabilan dalam kecepatan tinggi, Jerry memodifikasi kaki-kaki. Termasuk juga, tambahan dua radiator mesin yang ditempatkan di dalam kap depan dan belakang.

Sang aktor pemenang Piala Oscar dari film The Color of Money (1986) ini jatuh cinta pada dunia balap saat terlibat produksi layar perak Winning. Bahkan, Newman pernah muncul di salah satu iklan VW menggunakan mobil ini.

Sebelum meninggal, Newman menyumbangkan mobil tersebut ke bengkel Chaffey College di Alta Loma, California. Bengkel ini sempat memberi beberapa sentuhan, seperti cat pada bodi mobil. Namun, seiring perjalanan, bengkel tersebut bangkrut dan salah satu mantan anggota direksi Sam Contino membeli VW itu.

Contino membuat janji pada dirinya bahwa ia akan mempercantik tampilan VW itu dengan mengembalikan ke warna aslinya. Namun, Newman telanjur meninggal dunia pada September 2008, dan pengerjaan mobil belum tuntas sehingga ia tak bisa melihat karyanya. Malah, Contino melegonya via internet melalui situs oldbug.com. Kalau Anda tertarik, atau sekadar ingin melihat seperti apa tampilannya, langsung surfing saja ke situs itu!



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X