Toyota Indonesia Produksi Mobil Ramah Lingkungan

Kompas.com - 25/05/2011, 14:31 WIB
EditorBastian

JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti sudah diberitakan tadi pagi bahwa PT Toyota Motors Manufacturing Indonesia (TMMIN) akan mendongkrak kapasitas produksi dari 100.000 unit menjadi 140.000 unit dengan tambahan investasi Rp1,7 triliun. Hal ini dilaporkan kepada Menteri perindustrian MS Hidayat di kantornya, hari ini (25/5). Dan proses ekspansi pabrik mulai dilakukan akhir tahun ini dan efektif bisa digunakan 2013.

"Kalau dengan lembur, kapasitas pabrik bisa digenjot menjadi 180.000 unit nantinya. Investasi ini menunjukkan komitmen Toyota untuk terus berkembang di Indonesia," ujar Masahiro Nonami, Presiden Direktur TMMIN setelah bertemu dengan Menteri Perindustrian MS Hidayat.

Pabrik akan membangun fasilitas pengecatan dan perakitan baru di Karawang, Jawa Barat. Dengan ekspansi ini, Toyota akan menambah tenaga kerja baru mencapai 500 orang. "Tapi, jika melihat rantai industri yang ada di bawahnya (pemasok komponen, dealer dan tenaga penjualan) bisa mencapai 2.000an orang," tambah Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) yang ikut dalam rombongan.

Johnny menambahkan, ekspansi ini dilakukan sebagai persiapan Toyota menciptakan produk baru di Indonesia. Tanpa menyebutkan model yang akan diproduksi, Johnny hanya menekankan produk yang ramah lingkungan. "Untuk jenis mobilnya nanti saja, pada waktunya akan diinformasikan," jelas Johnny.

Terkait investasi ini, Menteri Perindustrian MS Hidayat menjelaskan, otomotif merupakan sektor industri padat modal dan padat karya sehingga masuk dalam sektor unggulan. "Kami senang dengan komitmen ini, yang kita dorong supaya Toyota bisa terus meningkatkan kandungan lokal," harap Hidayat.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X