Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Indonesia Produksi Mobil Ramah Lingkungan

Kompas.com - 25/05/2011, 14:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti sudah diberitakan tadi pagi bahwa PT Toyota Motors Manufacturing Indonesia (TMMIN) akan mendongkrak kapasitas produksi dari 100.000 unit menjadi 140.000 unit dengan tambahan investasi Rp1,7 triliun. Hal ini dilaporkan kepada Menteri perindustrian MS Hidayat di kantornya, hari ini (25/5). Dan proses ekspansi pabrik mulai dilakukan akhir tahun ini dan efektif bisa digunakan 2013.

"Kalau dengan lembur, kapasitas pabrik bisa digenjot menjadi 180.000 unit nantinya. Investasi ini menunjukkan komitmen Toyota untuk terus berkembang di Indonesia," ujar Masahiro Nonami, Presiden Direktur TMMIN setelah bertemu dengan Menteri Perindustrian MS Hidayat.

Pabrik akan membangun fasilitas pengecatan dan perakitan baru di Karawang, Jawa Barat. Dengan ekspansi ini, Toyota akan menambah tenaga kerja baru mencapai 500 orang. "Tapi, jika melihat rantai industri yang ada di bawahnya (pemasok komponen, dealer dan tenaga penjualan) bisa mencapai 2.000an orang," tambah Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) yang ikut dalam rombongan.

Johnny menambahkan, ekspansi ini dilakukan sebagai persiapan Toyota menciptakan produk baru di Indonesia. Tanpa menyebutkan model yang akan diproduksi, Johnny hanya menekankan produk yang ramah lingkungan. "Untuk jenis mobilnya nanti saja, pada waktunya akan diinformasikan," jelas Johnny.

Terkait investasi ini, Menteri Perindustrian MS Hidayat menjelaskan, otomotif merupakan sektor industri padat modal dan padat karya sehingga masuk dalam sektor unggulan. "Kami senang dengan komitmen ini, yang kita dorong supaya Toyota bisa terus meningkatkan kandungan lokal," harap Hidayat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com