Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hankook Tire Investasi 353 Juta Dollar

Kompas.com - 09/06/2011, 22:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan Korea Selatan, Hankook Tire, produsen ban akan menginvestasikan 353 juta dollar AS untuk membangun pabrik di Indonesia yang ditargetkan dapat menyerap tenaga kerja sekitar 2.800 orang hingga tahun 2018.

"Membangun pabrik di Indonesia yang berada di tengah-tengah pasar global adalah keputusan yang akan menguntungkan bagi perekonomian Indonesia dan juga Hankook Tire," kata CEO Hankook Tire, Seung Hwa Suh, dalam acara peresmian pembangunan pabrik ban di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (9/6/2011).

Untuk tahap pertama, Hankook Tire akan menginvestasikan 353 juta dollar AS dengan kapasitas produksi awal hingga sekitar 6 juta ban per tahun.

Perusahaan itu juga berencana mempekerjakan sekitar 1.400 pegawai hingga 2014 dan berharap untuk menambah hingga sekitar 2.800 pegawai sampai tahun 2018. "Hankook Tire menanamkan modal strategisnya di Indonesia guna mengakomodasi tingginya permintaan ban berkualitas tinggi untuk mencapai perluasan bisnisnya secara global," katanya.

Indonesia dinilai merupakan negara yang menjanjikan karena sebagai salah satu penghasil karet terbesar dengan total produksi 2,92 juta ton pada 2010. Selain itu, penjualan ban di Indonesia pada 2010 meningkat 23 persen dari 2009 atau sekitar 49,5 juta ban.

Pabrik bernilai total 1,1 miliar dollar AS itu direncanakan memiliki empat fasilitas produksi utama seluas 60 hektare dan akan menjadi basis ekspor untuk pasar Amerika Utara dan Timur Tengah serta menjadi penghubung regional untuk negara berkembang di Asia.

Selain pabrik di Bekasi, Hankook Tire juga memiliki dua pabrik di Korsel, tiga pabrik di China, dan satu pabrik di Indonesia. "Pabrik baru ini akan membuka kesempatan penting bagi kami untuk meningkatkan status global menjadi lima besar," kata Seung Hwa Suh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com