Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VW Niat Produksi MPV Bulli

Kompas.com - 15/08/2011, 11:27 WIB

WOLFSBURG, KOMPAS.com - VW sangat serius mempertimbangkan untuk masuk ke jalur produksi dari konsep MPV Bulli yang telah diperkenalkan pada pameran Geneva Motor Show 2011. Saat itu, Bulli masih merupakan sebuah studi kendaraan modern dan ramah lingkungan menggantikan ikon kombi pada era 1960-an.

Keinginan VW memproduksi Bulli karena adanya reaksi positif dari masyarakat. Ditambah, persaingan sangat sengit saat ini, membuat produsen bermarkas di Wolfsburg samangat untuk memproduksinya. Jika proyek Bulli ini mendapat lampu hijau, ia akan diproduksi di pabrik Puebla VW di Meksiko bersamaan dengan Bettle baru.

Dipilihnya Puebla cukup masuk akal. Karena, mayoritas produksi Bulli akan diarahkan ke pasar Amerika, di mana jenis van sangat populer.

Sementara konsep Bulli adalah MPV kecil dengan lima penumpang yang memiliki dimensi panjang 3,99 m, lebar 1,70 m dan wheelbase 2,62 m. Ketika di Jenewa, Bulli sebagai mobil ramah lingkungan yang digerakkan oleh motor listrik bertenaga 114HP dengan torsi 270Nm. Sumber tenaga disuplai dari baterai lithium-ion 40 Kw dan pengisian kurang dari satu jam.

Jarak tempuh terpanjang 300 km dalam baterai terisi penuh. Akselerasi dari 0-100 km per jam dicapai 11,5 detik dan kecepatan tertingginya 140 km per jam).

"Perusahaan positif mengenai produksi Bulli. Kami tidak memiliki ruang untuk MPV lain. Tapi, sebagai seorang perancang, saya yakin dengan ide ini," ungkap Kepala VW Group Desain VW Walter da Silva kepada majalah Autocar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com