Program Kesra Tetap Fokus RAPBN 2012

Kompas.com - 16/08/2011, 16:07 WIB
EditorPepih Nugraha

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yduhoyono mengatakan, selain berbagai bentuk subsidi, program-program peningkatan kesejahteraan rakyat juga tetap menjadi fokus utama dari RAPBN tahun yang akan datang. Oleh karena itu, dalam RAPBN 2012 , di berikan prioritas alokasi anggaran antara lain untuk ketahanan pangan sebesar Rp41,9 triliun.  

"Kita, antara lain, gulirkan program surplus beras 10 juta ton dalam lima hingga 10 tahun mendatang. Melalui berbagai program strategis itulah, kita berikan perhatian kepada segenap elemen masyarakat untuk meningkatkan kemampuan, produktivitas, serta penghasilan dan kesejahteraan mereka," ujar Yudhoyono, Selasa (16/8/2011), saat menyampaikan pidato mengenai Keterangan Pemerintah atas RUU RAPBN 2012 beserta Nota K euangannnya di depan rapat parip urna DPR.

Menurut Presiden, perhatian kepada para petani, diwujudkan antara lain melalui pemberian bantuan langsung pupuk sebesar Rp675 miliar, atau setara 192,8 ribu ton. Selain itu, disediakan bantuan langsung bibit unggul sebesar Rp1,8 triliun, atau 185 ribu ton benih tanaman pangan.  

"Perhatian kepada nelayan, kita lakukan melalui pengembangan sistem usaha budidaya ikan, dengan menyediakan modal kerja bagi sebanyak 3.340 kelompok nelayan; pengembangan usaha penangkapan ikan dan pemberdayaan nelayan skala kecil untuk pembangunan kawasan minapolitan untuk 3.700 kelompok nelayan; serta pembangunan dan pembinaan pelabuhan perikanan pada 816 pelabuhan," ucap Presiden. 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.