Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Karung PTPN XI Direlokasi

Kompas.com - 18/08/2011, 19:08 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - PT Perkebunan Nusantara (PTNP) XI merelokasi pabrik karung dari Surabaya ke Ngoro Industrial Estate di Kabupaten Mojokerto, JAwa Timur.

Tahap awal realisasi langkah itu ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan pabrik, oleh Direktur Perencanaan dan  Pengembangan PTPN XI, Soejitno, di lokasi pabrik baru, Mojokerto, Kamis (18/8/2011).

Relokasi, ungkap Soejitno, tak dapat dihindari karena sesuai peraturan daerah K ota Surabaya, kawasan Ngagel Timur, lokasi pabrik sekarang, dalam waktu dekat tidak memungkinkan digunakan untuk pabrik.

Lagi pula dalam perencanaan perusahaan, sekitar 50 persen lahan bekas pabrik karung di Ngagel tersebut dipakai untuk keperluan sendiri, berupa pendirian berbagai fasilitas pendukung seperti rumah sakit dan perumahan karyawan.

Rencana ke depan, dua hektar dari empat hektar lahan eks pabrik digunakan untuk keperluan sendiri, dengan membuka Poliklinik Welas Asih Medika, sebagai cikal bakal pendirian rumah sakit modern. Langkah berikutnya pembangunan gedung pertemuan dan perumahan karyawan.

Sisa lahan seluas dua hektar, masih dalam tahap kajian dan pada saat yang tepat akan ditawarkan kepada mitra yang berminat mengelolanya secara bersama-sama menjadi usaha yang menguntungkan kedua belah pihak.

Pabrik karung di Ngagel telah memproduksi karung dan tali goni berbahan baku serat rosella, yang sebagian besar berasal dari petani melalui program kemitraan.

Semakin sulitnya mendapatkan bahan baku, akhirnya PTPN XI melakukan transformasi pabrik dengan menggunakan bahan baku bijih plastik. Minimnya animo petani menanam serat, bahan baku menjadi sulit , sehingga solusi adalah melakukan transformasi pabrik dengan menggunakan bahan baku biji prastik dalam proses produksinya.

Dalam 5 tahun terakhir, pabrik karung bernama Rosella Baru itu memproduksi 10 juta lembar karung plastik per tahun yang dapat dengan muda ditingkatkan menjadi 15 juta lembar. Sebagian produk digunakan untuk kemasan gula produksi PTPN XI sendiri untuk ukuran 50 kilogram, sisanya dilepas ke pasar bebas sesuai segmen dan permintaan konsumen.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com