Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Emas Bukan Musiman

Kompas.com - 08/09/2011, 16:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kenaikan harga logam mulia yang terjadi saat ini bukan merupakan fenomena musiman. Lonjakan harga emas merupakan kecenderungan harga logam mulia yang memang terus meningkat.

"Meski demikian, pembentukan harga emas ini tidak ada kaitannya dengan permintaan dan penawaran di dalam negeri. Harga emas yang terjadi saat ini lebih dibentuk oleh pergerakan penawaran dan permintaan di pasar internasional," ujar Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution di Jakarta, Kamis (8/9/2011), saat berbicara dalam rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR terkait dengan Rancangan APBN 2012.

Saat ini, harga emas di pasar (gold spot) berada di level 1.836,93 dollar AS per troy ounce (1 troy ounce setara 31,1 gram emas). Harga itu meningkat 1,07 persen dibandingkan dengan harga emas di pasar spot sehari sebelumnya.

Kenaikan harga emas juga terjadi di pasar New York (Comex Gold) yang ada di level 1.840,3 dollar AS per troy ounce. Harga tersebut berarti meningkat 1,25 persen dibandingkan dengan harga pada perdagangan hari sebelumnya.

Sementara itu, harga logam mulia yang diperjualbelikan di PT Aneka Tambang pada 8 September 2011 menurun dibandingkan dengan sehari sebelumnya. Harga penjualan logam mulia dengan berat 100 gram di lepas pada harga Rp 518.240 per gramnya. Sehari sebelumnya masih ada di level Rp 530.000-an per gram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com