Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap dengan Fluktuasi Sepanjang Pekan ini

Kompas.com - 12/09/2011, 08:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Volatilitas pasar yang dipicu oleh masalah Eropa masih akan mendominasi pergerakan bursa global sepanjang pekan ini. Tidak adanya arah yang jelas dalam proses pemulihan ekonomi menjadikan pasar bergerak sangat fluktuatif. Investor di pasar bursa nasional perlu mengantisipasi kondisi kurang menguntungkan ini.   

Sepanjang pekan lalu Dow Jones melemah 2,2 persen, sementara S&P500 dan Nasdaq melemah masing-masing 1,7 persen dan 2,4 persen. Kekhawatiran terhadap krisis utang Yunani menjadi pemicu utama melemahnya bursa AS. Aksi jual terpicu oleh berita mundurnya salah satu ekonom ECB serta persiapan Jerman untuk melindungi perbankan mereka terhadap potensi default atas Yunani.

”Pengunduran diri ekonom ECB ini dinilai pasar sebagai bentuk ketidaksepahaman antarpembuat kebijakan untuk mengatasi krisis utang di Eropa. Sementara itu, keputusan Jerman untuk melakukan rekapitalisasi perbankan dinilai sebagai langkah terbaik untuk melindungi guncangan sistem finansial akibat masalah Yunani, namun dikhawatirkan akan diikuti oleh negara Eropa lainnya dan mengganggu program bailout terhadap Yunani,” kata Analis HP Sekuritas, Yanuar Pribadi, di Jakarta, Senin (12/09/2011).  

Beberapa data ekonomi AS akan dirilis pekan ini, seperti consumer sentiment, retail sales, dan aktivitas bisnis di area bank sentral Philadelphia. Secara umum data-data ini diperkirakan bakal menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang lemah.

Euro mencapai titik terendah terhadap dollar AS sejak Februari lalu. Harga emas bergerak melemah pagi ini ke level 1.847 dollar AS per troyounce (31,1 gram), sementara harga minyak juga melemah ke 86,32 dollar AS per barrel.

Indeks utama kawasan Asia seperti Nikkei 225, Kospi, dan ASX200 pun dibuka melemah tajam lebih dari 2 persen pagi ini dengan isu negatif penguatan mata uang Asia dan kebijakan Jerman melakukan rekapitalisasi perbankan.   

Keputusan bank sentral India terhadap suku bunga diperkirakan dapat memengaruhi bursa Asia pekan ini. RBI akan melakukan pertemuan tersebut pada hari Jumat ini, kata Yanuar.  

IHSG, menurut HP Sekuritas, diperkirakan akan bergerak melemah di rentang 3. 940 4. 020 pada awal pekan ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com