Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT Rekayasa Industri Terus Garap Proyek Internasional

Kompas.com - 17/10/2011, 02:44 WIB

Jakarta, Kompas - PT Rekayasa Industri (Rekind) berhasil mendapatkan kepercayaan dari Petronas, perusahaan minyak dan gas asal Malaysia, untuk membangun pabrik pupuk Sabah Ammonia Urea (Proyek Samur) di Sabah, Malaysia. Sebelumnya, sejumlah proyek lainnya di Malaysia dan Brunei telah diselesaikan.

Sekretaris Perusahaan PT Rekind Wilka Osca, dalam siaran pers yang diterima Kompas, Minggu (16/10), mengatakan, konsorsium proyek ini dikerjakan bersama PT Rekind dengan dua perusahaan lain.

”Pekerjaan yang ditangani pekerjaan rekayasa dasar dan detail, pengadaan alat dan mesin, konstruksi, hingga penyiapan pengoperasian,” kata Osca.

Nantinya, pabrik pupuk ini sehari mampu memproduksi 2.100 ton amonia, 3.500 ton urea tabur, dan 3.850 urea granula. Nilai proyek ini sekitar 1,5 miliar dollar AS.

Terkait proyek itu, Osca mengatakan, Rekind merupakan perusahaan rekayasa, pengadaan, dan konstruksi nasional yang menjadi pionir dalam pembangunan mayoritas pabrik pupuk di Tanah Air dan wilayah regional.

Hingga saat ini, tidak kurang dari 14 pabrik pupuk dalam lingkup nasional dan juga regional dibangun oleh Rekind dan hingga kini beroperasi dengan baik.

Seiring dengan visi yang diemban Rekind untuk menjadi perusahaan rekayasa, pengadaan, dan konstruksi yang mampu mengembangkan bisnis dalam wilayah regional, pelaksanaan Proyek Samur merupakan titian langkah dan prestasi yang diraih oleh Rekind.

Proyek-proyek Rekind dalam wilayah regional, antara lain, NPK Fertilizer Plant-Malaysia (Nafas Bajakimia SDN BHD), LOBP Malacca-Malaysia (Petronas), dan Brunei Methanol Plant-Brunei Darussalam (Brunei Methanol SDN BHD), telah dibangun.

Salah satu bentuk kontribusi positif dari pelaksanaan proyek ini adalah pengakuan regional kepada tenaga ahli nasional, khususnya dalam bidang kilang dan petrokimia.

Osca mengatakan, kepercayaan yang didapat di kawasan regional ini merupakan bentuk sinergi dari penggunaan standar global, tenaga terbaik, dan disertai dengan komitmen akan kepuasan pelanggan. Rekind juga mampu mengembangkan industri geotermal, pembangkit listrik, dan lain-lain. (MAR)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com