Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembali Diburu, Harga Emas Terus Naik

Kompas.com - 27/10/2011, 08:06 WIB
Ester Meryana

Penulis

LONDON, KOMPAS.com — Emas berjangka naik ke posisi tertinggi dalam satu bulan. Kondisi ini memperpanjang reli (kenaikan yang panjang) sejak Agustus, seiring dengan tertundanya penyelesaian krisis utang Uni Eropa. Akibatnya, permintaan emas pun meningkat sebagai aset perlindungan kekayaan.

Situasi terkini di Uni Eropa, Presiden Perancis Nicolas Sarkozy dan Kanselir Jerman Angela Merkel bertemu para kreditor Yunani di Brussel, Rabu (26/10/2011) malam waktu setempat. "Tidak ada penyelesaian cepat untuk isu utang (Uni) Eropa, jadi status batas krisis emas mendorong (harga) logam tersebut naik," ujar Scott Gardner,  Chief Investment Officer Verdmont Capital SA, di Panama, Rabu waktu setempat.

Emas berjangka untuk pengantaran Desember naik 1,4 persen ke posisi harga 1.723,50 dollar AS per troy ounce (setara dengan 31,1 gram) pada pukul 01.41 PM di Comex, New York. Sebelumnya, emas sempat menyentuh harga 1.728 dollar AS, yang merupakan harga tertinggi sejak 23 September 2011.

Garder pun menyebutkan, saat ini emas telah mendapatkan dukungan pada batas bawah di harga sekitar 1.600 dollar AS. Jadi, lanjut dia, investor pun kembali lagi ke pasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com