Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda dan Merpati Tetap Terbang ke Timika

Kompas.com - 01/11/2011, 17:30 WIB
Antonius Ponco A.

Penulis

TIMIKA, KOMPAS.com — Terhentinya pasokan avtur ke Bandara Mozes Kilangin, Timika, Papua, dari kilang penampung avtur milik PT Freeport Indonesia belum menghentikan penerbangan maskapai Garuda dan Merpati di Timika.

Demikian diungkapkan Manajer Pemasaran Garuda di Timika, Kemas Nomadiar, dan Distrik Manajer Merpati di Timika, Taufik Hidayat, secara terpisah kepada Kompas, Selasa (1/11/2011).

Kemas dan Taufik mengatakan, sejak pasokan avtur terhenti 15 Oktober lalu, Garuda dan Merpati harus mengubah rute pesawat dari dan ke Timika. Garuda dari Denpasar ke Timika, misalnya, harus terlebih dulu ke Jayapura. Sementara Merpati dari Makassar harus ke Biak, baru kemudian ke Timika.

Jayapura dan Biak dituju karena di dua kota itu Garuda dan Merpati mengisi avtur pesawat. Di dua lokasi itu pula mereka mengambil avtur untuk digunakan saat berhenti di Timika.

"Sebetulnya kami rugi dengan melakukan itu. Selain bahan bakar yang dibutuhkan lebih banyak karena jarak tempuh lebih panjang, juga harus mengurangi kargo yang bisa diangkut karena harus mengangkut juga avtur. Namun, kami ini BUMN yang tujuannya melayani masyarakat sehingga kami memastikan belum akan menghentikan penerbangan dari dan ke Timika," ujar Taufik. Hal senada diungkapkan Kemas.

Taufik dan Kemas berharap, pemerintah bisa segera menyelesaikan permasalahan ini. Dengan demikian, operasional pesawat dari dan ke Timika tidak terganggu lagi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com