Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terdorong Eropa, IHSG Menguat 1,2 Persen

Kompas.com - 04/11/2011, 10:05 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Indeks Harga Saham Gabungan pada perdagangan Jumat (04/11/2011) dibuka naik 1,2 persen ke level 3.750,39. Indeks LQ45 dibuka naik 1,68 persen ke level 670,32.

Penguatan ini terdongkrak performa bursa global. Bursa Wall Street bergerak rebound dan ditutup menguat dengan indeks Dow Jones naik 208,43 poin atau 1,76 persen.

Penguatan ini didorong oleh kabar Perdana Menteri Yunani akan mendiskusikan dan melihat kembali rencana pelaksanaan referendum, meskipun itu berbeda dengan statement mentri keuangan Yunani yang mengatakan bahwa referendum sudah keputusan final.

Semesta Indovest mencatat rencana pelaksanaan referendum dapat berdampak pada didepaknya Yunani dari Uni Eropa dan dilarang kembali bergabung dalam 10 tahun. Sebelumnya ECB memberi kejutan dengan menurunkan suku bunga 25 basis poin ke level 1,25 persen.

Saham-saham dari sektor indsutri dan energi memimpin kenaikan indeks. Bursa Eropa juga ditutup menguat. Indeks FTSE naik 1,1 persen, CAC naik 2,7 persen, dan DAX naik 2,8 persen.

Bursa Asia pagi ini terpantau bergerak menguat. Nikkei yang kemarin libur naik 1,3 persen , Kospi naik 2,5 persen.

IHSG berpeluang mengalami teknikal rebound mengikuti reboundnya bursa regional pagi ini, namun kondisi Yunani yang belum pasti masih harus membuat investor tetap wapada.

Indikator teknikal juga cukup mengkhawatirkan akibat MA 12 berpeluang dead cross dengan MA 20. Penguatan dapat dimanfaatkan untuk menjual di saat harga telah tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com