"Traveling" Kok Malah Stres? Simak Tips Ini...

Kompas.com - 04/11/2011, 19:43 WIB
|
Editorkadek

KOMPAS.com — Tujuan dari sebuah perjalanan wisata adalah bersantai dan menyegarkan kembali pikiran dari kegiatan rutin, seperti bekerja ataupun belajar.

Melupakan sejenak semua masalah yang terjadi, memanjakan diri dan bersenang-senang, itu juga merupakan alasan seseorang melakukan perjalanan wisata. Namun terkadang, perjalanan wisata malah membuat beberapa orang jadi stres. Untuk itu ada beberapa tips untuk menghindari stres selama perjalanan wisata.

Pertama, uang adalah hal terpenting dalam memulai suatu perjalanan wisata. Periksa kembali jumlah uang Anda. Sering kali stres muncul karena uang yang tersedia selama perjalanan tidak cukup. Untuk menghindari ini, pastikan sebelum memulai perjalanan, Anda menyimpan uang cadangan.

Kedua, berdasarkan budget yang Anda miliki, tentukan tempat tujuan wisata Anda. Setelah itu, rencanakan perjalanan wisata Anda. Jangan ragu untuk menggunakan jasa biro perjalanan wisata bila Anda telah mengetahui cara memilih agen perjalanan wisata yang baik dengan cermat dan hati-hati.

Terlebih lagi jika Anda pergi dalam rombongan. Saat mengatur jadwal perjalanan yang harus menyatukan banyaknya kepala, stres bisa muncul. Jika memang susah, maka gunakan saja biro perjalanan wisata untuk minta dibuatkan paket tur.

Ketiga, jika Anda menggunakan jasa perjalanan wisata, maka periksa detail perjalanan Anda, termasuk waktu perjalanan wisata Anda, berapa uang yang akan dihabiskan, di mana Anda akan menginap, tempat-tempat yang akan Anda kunjungi, hingga jenis hiburan seperti apakah yang akan Anda dapatkan.

Pastikan Anda sudah mengetahui semua rencana dengan detail. Jika Anda merancangnya sendiri tanpa bantuan biro perjalanan wisata, maka buatlah jadwal perjalanan Anda sendiri. Ini akan memudahkan Anda saat berwisata nantinya.

Keempat, jika Anda melakukan perjalanan wisata ke luar negeri, tentunya Anda harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang Anda butuhkan dan harus Anda miliki.

Kelima, berkemas! Pastikan Anda membawa pakaian yang cocok dan sesuai cuaca di tempat tujuan wisata. Perhatikan pula bagaimana berkemas secara tepat agar Anda tak perlu membawa banyak tas untuk berwisata.

Selalu ada hal-hal yang tak terduga. Oleh karena itu, apa pun yang terjadi, pastikan Anda dapat menikmati perjalanan wisata tanpa cemas dan berharap sebuah perjalanan wisata yang sempurna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.