VIVA Bakal Kembangkan Stasiun TV Baru

Kompas.com - 11/11/2011, 15:45 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com PT Viva Media Asia Tbk berencana mengembangkan bisnis melalui pembuatan stasiun televisi baru dengan segmentasi olahraga dan siap tayang pada kuartal II/2012.

Presiden Direktur PT Viva Media Asia (VIVA) Erick Tohir, Jumat (11/11/2011) di Jakarta, mengatakan, dalam pembuatan stasiun televisi baru ini perseroan menganggarkan dana Rp 290 miliar. "Kami berencana Sport One yang dananya berasal dari hasil penawaran saham perdana (IPO)," katanya.

Menurut Erick, stasiun televisi itu nantinya akan menjadi salah satu stasiun dengan konsep jaringan. Selain membuat jaringan televisi baru, perseroan juga akan mengganggarkan 20 persen dana hasil IPO untuk membayar utang perseroan.

Sementara itu, Executive Director of Investment Banking PT Danatama Makmur, Vicky Ganda Saputra, yang juga sebagai penjamin pelaksana emisi saham perseroan, mengklaim saham perseroan kelebihan permintaan atau oversubscribed sebesar 5,34 kali.

"Dalam proses bookbuilding yang telah berlangsung 18-28 Oktober 2011, perseroan tercatat kelebihan jumlah minat pemesanan saham (oversubscribed) dari kalangan calon investor hingga mencapai 5,34 kali dari jumlah saham akhir yang ditawarkan," katanya.

Vicky mengatakan, setelah memperoleh pernyataan efektif dari Badan Pengawas Pasar Modal Lembaga Keuangan pada 9 November 2011 lalu, perseroan selanjutnya akan menggelar masa penawaran umum pada 11, 14, dan 15 November 2011.  "Pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) akan dapat dilakukan pada 21 November 2011," katanya.     

Dalam IPO ini, total dana yang akan diperoleh VIVA dapat mencapai Rp 805 miliar, dengan Rp 500 miliar diperoleh saat penjualan saham perdana dan sisanya berasal dari hasil pelaksanaan waran yang akan dimulai pelaksanaannya enam bulan dari pencatatan saham.

Total jumlah saham akhir yang ditawarkan dalam IPO VIVA ini menjadi sebanyak 1,67 miliar saham baru yang disertai sekitar 1,02 miliar waran.  Waran tersebut akan didistribusikan kepada seluruh investor IPO VIVA sebagai insentif dengan rasio perolehan 5:3 (setiap 5 saham akan dapat memperoleh 3 waran).

Pada pelaksanaan IPO ini, perseroan menunjuk PT Ciptadana Securities dan PT Danatama Makmur sebagai penjamin pelaksana emisi saham.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.