Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Priyo: UP4B Jangan Alergi OPM

Kompas.com - 18/11/2011, 20:13 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Priyo Budi Santoso mengatakan, Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B) yang dibentuk Presiden jangan hanya menjadi lembaga birokratis. UP4B harus bisa menjadi jembatan komunikasi berbagai pihak, termasuk Organisasi Papua Merdeka (OPM) dalam proses penyelesaian masalah di Papua.

"Jangan alergi bicara dengan kelompok radikal OPM," kata Priyo di Komplek DPR, Jumat (18/11/2011).

Priyo mengatakan, UP4B juga harus dapat mengharmoniskan hubungan antara pemerintah pusat dan masyarakat Papua. Seperti diketahui, saat ini ada ketidakpercayaan warga Papua terhadap Pemerintah Indonesia lantaran perlakuan terhadap mereka selama ini.

"UP4B harus menjadi faktor untuk mempercepat pelaksanaan undang-undang otonomi khusus Papua. Jangan mengeluarkan kebijakan yang bertentangan substansi undang-undang Otsus," kata politisi Partai Golkar tersebut.

Priyo menambahkan, aparat kepolisian juga harus menuntaskan berbagai kasus penembakan gelap di Papua selama ini.

"Tidak peduli apakah OPM, apakah oknum aparat. Bisa itu saja provokator. Negara harus berhasil memberi rasa aman," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com