Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahlan: Masih Ada Tender Tidak Bersih di BUMN

Kompas.com - 21/11/2011, 12:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Badan Usaha Milik Negara (Menteri BUMN) Dahlan Iskan akan membersihkan tender-tender proyek di lingkungan Kementerian BUMN dan perusahaan-perusahaan BUMN. Untuk itu, ia pun berniat mengadakan pembicaraan dengan perusahaan BUMN yang dinilai tak bersih.

Hari ini, Senin (21/1/2011) di Jakarta, Dahlan melakukan pembicaraan dengan seluruh BUMN karya. Dalam rapat tersebut, ia menyebar kuesioner untuk mencari tahu apakah masih ada tender-tender yang tidak bersih. Dalam kuesioner tersebut terkuak bahwa masih ada beberapa tender yang masih banyak "diatur". "Salah satu agendanya adalah bagaimana kita memulai hidup lebih bersih, bagaimana menciptakan tender-tender bersih," kata Dahlan Iskan.

Menurutnya, BUMN karya tidak bisa disalahkan sepenuhnya untuk mengikuti tender yang telah "diatur". "Ini karena kalau tidak ikut, mereka tidak mendapatkan kerjaan," ujar Dahlan.

Dalam kuesioner tersebut, ternyata masih ada beberapa kementerian yang tendernya diatur. Untuk itu, ia akan membicarakan langsung dengan menteri bersangkutan untuk mencari solusi agar tender di kementerian-kementerian bisa lebih bersih. "Untuk perusahaan BUMN, saya tidak sekadar menegur, tetapi juga mencarikan jalan keluar. Menegur saja tidak cukup karena kalau sekadar menegur akan sekadar angin lalu," katanya. (Anna Suci Perwitasari/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com