Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intelijen Polri Kantongi Data Pelaku Kekerasan di Papua

Kompas.com - 06/12/2011, 14:45 WIB
Maria Natalia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepolisian sudah mengantongi pelaku dan pihak yang diduga terlibat dalam berbagai peristiwa kekerasan dan penembakan di Papua. Penyelidikan terus dilakukan demi mengungkap kasus ini.

"Pelakunya, terus terang saja kalau dari data intelijen kita memang sudah ada data yang memang terkait dengan berbagai gangguan keamanan dan kekerasan selama ini. Tapi, itu masih kita dalami dan dalam penyelidikan kita," ujar Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Komisaris Besar Boy Rafli Amar, Selasa (6/12/2011) di Jakarta.

Namun, Boy mengungkapkan, pihaknya belum bisa menyimpulkan bahwa para pelaku berasal dari Organisasi Papua Merdeka (OPM) karena belum ada bukti yang cukup terkait hal tersebut.

"Kita belum bisa mengatakan itu dulu. Saat ini kita sebut kelompok itu sebagai kelompok sipil bersenjata. Kita meyakini mereka menggunakan senjata ilegal," katanya.

Boy mengaku, kepolisian belum tahu apa motif di balik aksi kekerasan ini. "Kami belum tahu. Tapi, mereka memang tidak menginginkan ada unsur-unsur petugas di situ ya," terang Boy.

Ia berharap, para tokoh agama dan tokoh masyarakat di Papua membantu kepolisian untuk menenangkan dan mendamaikan suasana panas di Papua. Sementara polisi berupaya untuk segera menyelesaikan kasus-kasus yang terjadi Papua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com