Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolri: Tak Ada Penambahan Pasukan ke Papua

Kompas.com - 07/12/2011, 13:40 WIB
Josie Susilo Hardianto

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com- Meskipun kondisi keamanan Papua sempat terganggu dalam beberapa hari terakhir, Kepala Polri Jenderal Timur Pradopo mengatakan, tidak ada penambahan pasukan di Papua. Ditemui seusai mengikuti pertemuan antara wakil masyarakat Papua dengan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi serta Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Rabu (7/12/2011) di Jayapura, Timur menegaskan pendekatan hukum yang lebih dikedepankan saat ini.

Dalam pertemuan tersebut, Timur Pradopo mengatakan, polisi terus berupaya agar Papua aman. Namun, hal itu tidak dapat hanya dilakukan oleh aparat saja yaitu Polisi dan TNI. Ia mengharapkan peran serta masyarakat untuk ikut serta menciptakan rasa aman tersebut.

Sebagaimana diberitakan, pada awal bulan ini tiga polisi tewas dalam dua peristiwa berbeda. Pada tanggal 1 Desember lalu seorang anggota Intelkam Polres Jayapura Briptu Ridwan Napitupulu dianiaya sekelompok orang di Kampung Berap, Kabupaten Jayapura. Setelah dirawat selama empat hari di Rumah Sakit Bhayangkara Jayapura, ia meninggal.

Peristiwa lainnya adalah penghadangan oleh kelompok bersenjata di Kampung Wondegobak, Kabupaten Puncak Jaya, Sabtu (3/12) lalu. Dalam penghadangan itu dua anggota Brimob Mabes Polri tewas tertembak.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com