Sofyan Wanandi: Momentum di Tangan Kita

Kompas.com - 16/12/2011, 10:32 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

JAKARTA, KOMPAS.com -  Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofyan Wanandi, Jumat (16/12/2011) ini di Jakarta, menyatakan, dengan naiknya peringkat utang Indonesia, maka momentum dan peluang kini sepenuhnya berada di tangan Indonesia.

Segala hambatan dan gangguan investasi perlu segera dihilangkan, sehingga kesempatan yang muncul dengan naiknya peringkat utang Indonesia itu tidak hilang begitu saja.

Lembaga pemeringkat Fitch menaikkan peringkat utang Indonesia menjadi investment grade. Fitch menilai ada peningkatan kinerja perekonomian, likuiditas eksternal yang lebih kuat, rasio utang publik yang rendah dan terus turun, serta kebijakan makro yang hati-hati.

Fitch menaikkan peringkat utang Indonesia untuk foreign currency long-term senior debt, dari BB+ menjadi BBB- dengan outlook stable.

"Kita harus segera mengatasi bottleneck, seperti persoalan infrastruktur. Semoga RUU Pengadaan Tanah juga bisa diselesaikan agar hambatan semakin berkurang, ujar Sofyan di Kantor Presiden.

Sofyan menyanmpaikan itu seusai mengikuti jumpa pers Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, terkait kenaikan peringkat utang Indonesia dari BB+ menjadi BBB-. Jumpa pers juga dihadiri Wakil Presiden Boediono, Ketua Komite Ekonomi Nasional Chairul Tanjung, Ketua Kamar Dagang dan Industri Suryo Bambang Sulisto , Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, serta Wakil Menteri Keuangan Anny Ratnawati.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.