Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BBM Subsidi Dibatasi, SPBU Swasta Bergairah

Kompas.com - 21/12/2011, 08:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bisnis bahan bakar minyak (BBM) non-subsidi bakal semakin cerah mulai tahun depan. Soalnya, pemerintah bakal membatasi konsumsi BBM bersubsidi mulai 1 April 2012. Pembatasan ini akan memperbesar pasar BBM non-subsidi, sehingga bisnis stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) non-Pertamina semakin hidup.

Jino Sugianto, Ketua Umum Dealer Petronas Service Station, meyakini, pembatasan BBM bersubsidi akan mendorong penjualan Primax 92, Primax 95, atau BBM lain sekelasnya. "Konsumen yang terkena kebijakan pembatasan, mau tidak mau harus memakai BBM non-subsidi," jelas Jino, Selasa (20/12/2011).

Bila itu terjadi, penjualan BBM di Petronas dan tempat lain di luar Pertamina pasti meningkat. Persaingan antara operator SPBU menjadi lebih berimbang karena selisih harga BBM non-subsidi sangat tipis. "Tapi kami belum bisa menghitung potensi peningkatannya, karena konsep pembatasan masih belum jelas," tandas Jino.

Dia berharap, Pemerintah Indonesia segera menyelesaikan konsep pembatasan itu. Apalagi, rencana pembatasan itu sudah muncul sejak tahun 2010 lalu, namun gagal terlaksana tahun ini.

Menurut Jino, tanpa ada pembatasan, bisnis BBM non-subsidi sulit berkembang. Soalnya, selama ini harga BBM bersubsidi jauh lebih murah dibandingkan dengan produk Petronas.

Kini harga BBM bersubsidi Rp 4.500 per liter, sedang produk Petronas di atas Rp 8.350 per liter (Primax 92). "Karena disparitas yang jauh itu, penjualan tahun ini tidak terlalu bagus," kata Jino tanpa merinci. Tidak heran, perkembangan SPBU Petronas tahun ini pun berjalan lambat.

Maksimal 30 persen

Manajemen Pertamina juga optimistis, penjualan BBM non-subsidi yakni Pertamax dan Pertamax Plus juga bakal semakin besar tahun depan. Dari rapat pemegang saham, manajemen perusahaan migas plat merah itu menargetkan penjualan BBM non subsidi mencapai 1,7 juta kiloliter (kl), naik 17 persen dari tahun ini sebesar 1,4 juta kl.

"Kalau pembatasan benar terjadi, pasti bisa naik lebih tinggi lagi," ujar M. Harun, Vice President Corporate Communication Pertamina.

Eri Purnomohadi, Ketua Umum Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas), menghitung, pembatasan BBM bersubsidi akan meningkatkan penjualan BBM non-subsidi 20 persen-30 persen. "Pengaruhnya sebesar itu karena harga BBM bersubsidi masih tetap," kata Eri. (Petrus Dabu/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com